Penulisan Karya Ilmiah

Metode Permainan Matematika Sebagai Upaya Menciptakan Pembelajaran yang Menyenangkan

Realita yang menunjukkan bahwa matematika merupakan pelajaran yang umumnya tidak disukai banyak siswa ini, dapat diketahui alasan-alasannya. Ada beberapa faktor dari realita tersebut, yaitu pelajaran matematika kurang familiar di telinga para siswa, konsep yang diberikan terlalu sulit, atau dari segi pengajarnya sendiri. Oleh karena itu, dengan adanya fakta tersebut perlu diadakan perubahan metode pembelajaran matematika dari pembelajaran klasik menjadi pembelajaran modern. Salah satunya dengan metode permainan.

Metode permainan matematika adalah metode pembelajaran peserta didik yang mempelajari dan mendalami ilmu matematika dengan cara bermain dan menjadikan suasana belajar menjadi menyenangkan, dengan tujuan agar peserta didik tidak jenuh dan memandang bahwa matematika adalah pelajaran yang membosankan. Di samping itu dengan adanya pembelajaran dengan metode permainan, peserta didik mampu menangkap dan mencerna materi-materi yang ada dalam persoalan matematika. Dalam metode ini diperlukan peran pengajar sebagai penghubung antara konsep-konsep ilmu matematika dengan alam sekitar, dan juga sebagai fasilitator untuk peserta didik untuk mengetahui lebih dalam apa saja yang ada dalam ilmu matematika.

Dengan adanya Dengan metode permainan tersebut, diharapkan akan menjadi suatu pembeajaran yang menyenangkan, karena dalam metode tersebut peserta didik lebih banyak menghabiskan waktu belajar dengan permainan-permainan, namun juga tidak lepas dari materi-materi yang berhubungan dengan matematika. Metode tersebut merupakan upaya agar para peserta didik tertarik pada pelajaran matematika dan tidak menjadikan matematika sebagai “ vampire “ dalam kamus hidupnya, namun menjadi pelajaran favorit yang pernah ada dalam masa-masa sekolah atau masa-masa perkuliahan. Metode ini sudah menjadi langganan guru-guru matematika dalam menyampaikan pembelajaran, karena dengan metode ini dipercaya mampu mengatasi problematika akademik dalam pelajaran matematika.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: