SEKILAS TENTANG ISTILAH BANKING

Tentang profil saya 5 tahun yang lalu, saya adalah seorang mahasisiwi S1 Universitas Muhammadiyah Malang Jurusan Pendidikan Matematika. Alhamdulillah saya diberikan kesempatan untuk lulus S1 pada tahun 2010 dan tepat pada hari kelahiran, saya diberikan kelebihan nikmat untuk berada pada gedung serbaguna yang dinamakan “UMM DOME” untuk melakukan prosesi pengukuhan S1 saya.

Berbicara masalah jurusan yang saya dalami selama kuliah, kini saya memperoleh banyak ilmu menarik lainnya selain pada dunia pendidikan, yakni BANKING. Saya diberikan anamah khusus dari ALLAH SWT untuk mengaplikasikan ilmu saya pada perusahaan terkemuka di Jawa Timur, Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur atau dikenal sebagai Bank Jatim. Melencong dari jurusan saya, namun di sini saya memperoleh banyak pengetahuan lain mengenai dunia perbankan, saya lebih dikenalkan dengan istilah-istilah yang dahulu belum pernah saya tahu. Sekarang, saya akan mencoba memberikan sedikit informasi bagi kerabat-kerabat yang ingin mengetahui arti uum mengenai istilah-istilah di dunia Bank, karena bagi saya menarik untuk diketahui semoga apa yang saya tulis bisa bermanfaat untuk anda semua.

1. BILYET GIRO

Surat Perintah dari nasabah kepada Bank yang memelihara Rekening Giro Nasabah tersebut, untuk memindahbukukan sejumlah dana dari     Rekeningnya kepada seseorang atau pihak yang disebutkan namanya pada Bank yang sama atau Bank lainnya.

SYARAT FORMAL BILYET GIRO (SE BI NO.28/32/UPG TGL 4 JULI 1995)

  1. TERTULIS KATA “ BILYET GIRO” DAN NOMOR SERI BILYET GIRO
  2. NAMA BANK TERTARIK
  3. PERINTAH YANG JELAS DAN TANPA SYARAT     UNTUK MEMINDAHBUKUKAN DANA
  4. NAMA DAN NOMOR REKENING PENERIMA DANA
  5. NAMA BANK PENERIMA
  6. JUMLAH DANA YANG DIPINDAH BUKUKAN
  7. TEMPAT DAN TANGGAL PENARIKAN
  8. TANDA TANGAN PENARIK DAN NAMA JELAS ATAU DILENGKAPI DENGAN STEMPEL

2. TABUNGAN
SIMPANAN YANG PENARIKANNYA HANYA DAPAT DILAKUKAN MENURUT KETENTUAN / SYARAT TERTENTU YANG DISEPAKATI TETAPI TIDAK DAPAT DITARIK DENGAN BILYET GIRO / CEK DAN ATAU ALAT LAINNYA YANG DIPERSAMAKAN DENGAN ITU

3. DEPOSITO

SIMPANAN YANG PENARIKANNYA HANYA DAPAT DILAKUKAN PADA WAKTU TERTENTU BERDASARKAN PERJANJIAN ANTARA DEPOSAN DENGAN BANK.

DEPOSITO DAPAT DIBEDAKAN SEBAGAI BERIKUT :

  1. DEPOSITO BERJANGKA, YAITU DEPOSITO YANG DIBUAT               ATAS NAMA DAN TIDAK DAPAT                 DIPINDAHTANGANKAN.
  2. SERTIFIKAT DEPOSITO, YAITU DEPOSITO YANG DITERBITKAN ATAS UNJUK DAN DAPAT DIPINDAH                 TANGANKAN / DIPERJUAL BELIKAN SERTA DAPAT            DIJADIKAN SEBAGAI JAMINAN KREDIT.
  1. DEPOSIT ON CALL, YAITU SEJENIS DEPOSITO BERJANGKA             YANG PENGAMBILANNYA DAPAT DILAKUKAN SEWAKTU-          WAKTU, ASALKAN MEMBERITAHUKAN BANK DUA HARI SEBELUMNYA.

Leave a Reply

